Microsoft Acces,Tabel Relasi?

Hai kembali lagi dengan penulis , kali ini penulis akan mendeskripsikan apa sih microsoft acces itu dan bagaimana caranya membuat sebuah database baru. Sebelumnya, kita harus kenalan dulu nih sama ms acces. 





 Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft WordMicrosoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna (Wikipedia).

Ms Acces merupakan relational DBMS yang dibuat oleh Microsoft. Ms Acces menggabungkan database engine (Acces Jet Database Engine), antarmuka database, dan tools pengembangan aplikasi yang juga mendukung Visual Basic for Application (VBA). Ms acces sangat cocok digunakaan untuk pembuatan database dengan skala kecil.

Tampilan awal Microsoft Acces. Penulis menggunakan Ms Acces 2016



Cara membuat sebuah database baru

Pada halaman awal, pilih menu Blank Dekstop Database


























Kemudian akan muncul sebuah jendela baru seperti gambar dibawah, tulis nama database yg kita inginkan, kalau penulis menamakan database ini "db_penyewaandvdfilm2", setelah itu kita klik Create



























sebuah tampilan jika kita sudah klik Create akan seperti ini



Untuk membuat suatu data baru, maka pada kertas kerja, Table1 kita akan merename dengan nama "Datapelanggan" dengan cara klik kanan pada Table1 yg ditengah kertas kerja, lalu klik kanan, pilih Design View.


Oh iya sebelum kita lanjut, penulis akan menayangkan gambar mengenai macam-macam type data



Setelah diberi nama, maka akan terlihat seperti ini, yakni nama tabel akan berubah






















Setelah muncul kolom (field) dan baris (record), disinilah kita akan membuat suatu data baru, misalkan seperti gambar dibawah ini. Nah, dibawah kolom ID kita bisa tulis data yg akan kita rekam, seperti id, nama, alamat, telepon, catatan, jenis kelamin, dll . yang nantinya akan menjadi Field. Lalu untuk kolom Data Type bisa kita sesuaikan dengan jenis data yg penulis tampilkan diatas. Jika hanya memuat teks yang tidak terlalu panjang, maka pilih short text. Namun jika memuat teks yang agak panjang bisa pilih Long text. dan seterusnya





















Silakan untuk mulai mengetik bagi para wise readers yang mengikuti tutorial ini. jika sudah selesai menentukan type data, posisikan kursor ke tabel datapelanggan dan klik kanan, pilih Save. Ini digunakan untuk menyimpan record yang nantinya akan kita pakai pada tahap selanjutnya. Kalau belum di save maka akan muncul sebuah windows peringatan untuk menyimpan tabel terlebih dahulu.







Jika sudah , maka databasenya akan terlihat seperti ini. Cara memunculkan Fieldnya (kolom) yakni double klik pada tabel yang berada di paling kiri atau yang sudah ditandai penulis dengan nomor romawi I. Setelah itu kita bisa isi Record/Barisnya sesuai Field.


 Pada data yang penulis sediakan, terdapat suatu Field yang terdiri dari beberapa pilihan. Misalnya, kolom Catatan dibawah terdapat pilihan Member VIP, Member Beginner, dan Member Standar, kita bisa menggunakan Data Type Yes/No . Caranya kita kembalikan posisi lembar kerja ke posisi awal saat kita membuat Field dengan klik dua kali pada objek database atau tabel


Nah jika sudah, kita bisa pilih fitur Yes/No pada Data Type seperti gambar dibawah ini. gambar dibawah hanya sekedar contoh, kita tidak perlu menghiraukan Data Type yg penulis pilih 


Nah, selanjutnya kita akan membuat tabel relasi. Tabel relasi digunakan untuk menghubungkan antara beberapa tabel yang informasinya akan saling berkaitan. disini penulis sudah menyiapkan 3 macam tabel yaitu Data Film, Data Pelanggan, dan Data Sewa. Cara membuat suatu relasi adalah pada bar Database Tools, kita klik Relationship.






















Nah setelah itu pada menu bar Design kita pilih Show Table, lalu akan muncul sebuah windows Show Table dimana kita akan memilih tabel apa saja yang akan kita hubungkan. Penulis akan menghubungkan ketiga tabel tersebut. kemudian klik Add. jika pada layout sudah muncul 3 tabel, jendela/windowsnya bisa kita tutup.






















ada 3 buah tabel pada layout dan sekarang akan kita hubungkan dengan cara drag tabel Data Sewa atau yang ditengah , posisikan kursor pada ID film yg akan kita hubungkan dengan ID film dalam tabel Data Sewa, kemudian drag. akan ada windows Edit Relationship, kita pilih Create.


Dan jadilah sebuah garis yang menghubungkan antara tabel data sewa dengan data film. lakukan langkah selanjutnya untuk tabel data pelanggan dan data sewa.


Terimakasih penulis ucapkan kepada wise reader karena telah bersedia membaca tulisan yang penuh kata-kata amburadul. wkwkwk. semoga wise reader tidak pernah bosan membaca tulisan penulis 😉😉














Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh laporan PKL SMK jurusan akuntansi

Microsoft Office terdiri dari apa saja sih?

Pivot Table itu apa sih?