Ms Acces : Query, Form, dan Report

di dalam Microsoft Acces, kita bisa menjumpai berbagai fitur-fitur dalam mengelola suatu database yang kita buat pada microsoft acces, contohnya seperti Query, Form, Report & Menu Navigasi. Penulis akan membahas tiga-tiganya pada artikel ini, Oke cekidot

1, Query. Query bisa disebut juga SQL, Structured Query Language . ⇒ Bahasa yang digunakan untuk berinteraksi dengan basis data. Jika penulis lihat, query itu agak mirip dengan penulisan kode-kode pemrograman, namun bedanya adalah dalam pemrograman kita hanya mengetik angka biner beserta simbol operasi matematika, namun pada query sendiri tidak menggunakan angka biner, tetapi huruf biasa yang disertai dengan simbol-simbol lainnya.

Perintah query dibagi menjadi 3 jenis :
a. Data Definition Language (DDL) : Perintah query untuk mendefinisikan struktur database
b. Data Control Language (DCL) : Perintah query untuk mengatur hak akses terhadap database
c. Data Manipulation Language (DML) : Perintah query untuk memanipulasi record data

Data Definition Language (DDL)
Contoh tujuan perintah query yang tergolong DDL :
- Membuat database ⇒ perintahnya    *)
- Menghapus database ⇒ *)
- Membuat tabel ⇒ CREATE TABLE
- Menghapus tabel ⇒ DROP TABLE
- Mengedit struktur tabel ⇒ ALTER TABLE
- Menentukan index atau primary key ⇒ CREATE INDEX

Cara membuat query DDL Create :
Buka file dengan ekstensi acces, pada menu bar Create kita pilih Query Design, tutup panel tabel yang muncul, klik tab Design, kemudian Data Definition, nah nanti kita bisa tulis seperti ini
CREATE TABLE PRODUK (
   KODE NUMBER PRIMARY KEY,
   NAMA VARCHAR

);
pada lembar kerja yg kosong seperti gambar dibawah



Data Control Language (DCL)
Contoh perintahnya :
- Membuat user dan group
- Menghapus user dan group
- Menambahkan user dan group
- Memberikan hak ases user dan group
- Menghapus hak akses dari grup
Namun, pada versi terbaru, Ms. Acces sudah menghapus fitur DCL

Data Manipulation Language (DML)
Contoh perintah query yg tergolong DML :
- Menampilkan data dari tabel ⇒ SELECT
- Menambahkan data dari tabel ⇒ INSERT
- Mengedit data pada tabel ⇒ UPDATE
- Menghapus data pada tabel ⇒ DELETE


2. Form . Form atau formulir biasanya digunakan sebagai tampilan antar muka untuk proses penginputan data. membuat form bisa melalui beberapa cara, yaitu melalui Form,  Form Design & blank form, Form Wizard, dll. penulis hanya akan membahas bagaimana membuat form dari menu Form.



Buka file yang akan kita pakai, misalkan seperti gambar dibawah ini sudah terdapat beberapa tabel baru yakni tabel agama, mahasiswa, dan jurusan. namun yang akan kita pakai adalah tabel Agama


Lalu pilih menu bar Create, pilih Form


Maka tampilan dari Form-nya akan tampak seperti ini



3. Report. Report digunakan untuk menampilkan laporan dan mencetak data yang telah kita setting sedemikian rupa agar siap untuk dicetak. Langkah-langkah dalam membuat report yakni  :

Buka file ms acces yang akan kita olah, penulis masih menggunakan data yang sama. dan disini kita akan membuat sebuah report dari tabel Mahasisa. Posisikan kursor pada tabel Mahasiswa


Pada menu bar Create, kita pilih Report


Kemudian tampilan report akan seperti ini


Ketiga-tiganya sudah penulis bahas nih, gampang kan? Hehehe. selamat mencoba guys 😉😉😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh laporan PKL SMK jurusan akuntansi

Microsoft Office terdiri dari apa saja sih?

Pivot Table itu apa sih?