Pivot Table itu apa sih?
Kembali lagi dengan tulisan saya, kali ini kita akan membahas mengenai Pivot Table. tentunya masih di dalam Micosoft Excell, yups karena banyak orang yang belum mengetahui fitur-fitur apa saja yang tedapat pada spreadsheet excell 😊😊. Langsung saja, cekidoottt .....
image source : https://support.office.com/en-us/article/create-a-pivotchart-c1b1e057-6990-4c38-b52b-8255538e7b1c
Pivot Table merupakan salah satu ftiur yang berfungsi untuk menyajikan suatu data dengan lebih interaktif dan menarik. Komponen pivot table terdiri dari Filter, Row, Column dan Values. Agar lebih paham kita langsung praktek saja, Come on .... Oh iya sebelum praktek, diharapkan sudah mempunyai kumpulan data ya gaes 😉
Penulis sudah menyiapkan data mengenai produksi barang-barang elektronik atas PT X seperti diatas, selanjutnya kita akan mengelompokkan per kategori jenis barang dengan cara blok range tersebut, pada menu bar pilih Insert lalu klik Pivot Table
Lalu akan muncul windows seperti gambar dibawah ini, kita namakan Table1 pada pilihan Select a Table or Range dan juga kita akan tempatkan PivotTable pada sheet yang berbeda dengan pilih pilihan New Worksheet seperti dibawah ini
Setelah itu, kita akan diarahkan ke sheet baru. pada sebelah kanan, terdapat pilihan PivotTable yang akan kita gunakan sebagai acuan dalam menyortir atau mengatur isi dari Pivot Table
ketika kita memberikan checklist pada semua kotak, maka yg muncul di tabel akan sesuai dengan yang kita centang tadi.
Pengelompokkan kolom sesuai apa yang kita inginkan. jika yg kita inginkan hanya kolom Name Of Goods dan jumlah di bulan March, maka kita un-checklist di kotak Type Of Goods, January, dan February.
Itulah secuil tutorial menggunakan pivottable dari penulis, apabila ada kekurangan, salah kata, mohon dimaafkan. happy reading guys😊😊
image source : https://support.office.com/en-us/article/create-a-pivotchart-c1b1e057-6990-4c38-b52b-8255538e7b1c
Pivot Table merupakan salah satu ftiur yang berfungsi untuk menyajikan suatu data dengan lebih interaktif dan menarik. Komponen pivot table terdiri dari Filter, Row, Column dan Values. Agar lebih paham kita langsung praktek saja, Come on .... Oh iya sebelum praktek, diharapkan sudah mempunyai kumpulan data ya gaes 😉
Penulis sudah menyiapkan data mengenai produksi barang-barang elektronik atas PT X seperti diatas, selanjutnya kita akan mengelompokkan per kategori jenis barang dengan cara blok range tersebut, pada menu bar pilih Insert lalu klik Pivot Table
Lalu akan muncul windows seperti gambar dibawah ini, kita namakan Table1 pada pilihan Select a Table or Range dan juga kita akan tempatkan PivotTable pada sheet yang berbeda dengan pilih pilihan New Worksheet seperti dibawah ini
Setelah itu, kita akan diarahkan ke sheet baru. pada sebelah kanan, terdapat pilihan PivotTable yang akan kita gunakan sebagai acuan dalam menyortir atau mengatur isi dari Pivot Table
ketika kita memberikan checklist pada semua kotak, maka yg muncul di tabel akan sesuai dengan yang kita centang tadi.
Pengelompokkan kolom sesuai apa yang kita inginkan. jika yg kita inginkan hanya kolom Name Of Goods dan jumlah di bulan March, maka kita un-checklist di kotak Type Of Goods, January, dan February.
Itulah secuil tutorial menggunakan pivottable dari penulis, apabila ada kekurangan, salah kata, mohon dimaafkan. happy reading guys😊😊
Komentar
Posting Komentar