Kompilasi fungsi Excell

Setelah postingan sebelumnya  penulis sudah menjabarkan sedikit mengenai beberapa fungsi seperti Fungsi Conditional Formating, Fungsi Date, Fungsi IF, dan Agregat, kali ini penulis akan melanjutkan fungsi-fungsi lain nya , masih tentang Mirosoft Excel tentunya. Check This Out.....



  1. Lookup
Fungsi Lookup digunakan untuk membaca sebuah data dari tabel referensi yang telah kita buat dalam suatu sheet. Fungsi ini cukup praktis jika kita menginginkan pembacaan data yang efektif dan efisien asal kita mengetahui cara atau rumus untuk menggunakan rumus lookup. Rumus lookup sendiri dibagi menjadi 2. 

a. HLOOKUP. yakni fungsi yang melakukan pembacaan suatu data dari tabel yang disusun atau dibuat secara horizontal. Seperti contoh dibawah ini :
       


Terdapat sebuah data Laporan Gaji Karyawan PT Maju Jaya seperti digambar. dengan kolom gaji pokok yang masih belum terisi. sementara dibawah tabel utama tersebut, terdapat tabel berupa data inputan mengenai bagian struktural karyawan di dalam perusahaan,


dibawah tabel Data Inputan terdapat Tabel Referensi yang berisikan data-data masukkan untuk kolom gaji pokok.


di kolom Gaji Pokok atau H5, kita bisa masukkan rumus HLOOKUP. yakni =HLOOKUP(lookup value;table array;row index num;range lookup) atau langsung saja =HLOOKUP(F5;B32:F35;2;0). Untuk pengisian row index num, karena terdapat pada baris kedua, maka kita ketikkan 2. Ada cara lain yang kemungkinan sangat praktis digunakan untuk table array yaitu dengan memblok tabel kemudian klik kanan, pilih Define Name, lalu beri nama tabel yg telah kita blok tadi. Ini merupakan cara yg lumayan ringkas dan cepat apabila kita membutuhkan data dengan cepat dan terburu-buru . Saat setiap membuat rumus kita tidak perlu memblok tabel, tetapi cukup mengetikkan nama tabel yg telah kita ketik tadi.


 Setelah kita enter, maka keluarlah nominal seperti yang penulis bulatkan di atas.

b. VLOOKUP. Sama dengan HLOOKUP, bedanya adalah jika Hlookup membaca data dalam suatu tabel yang horizontal, jika Vlookup fungsi pembacaan dengan tabel yang vertikal. seperti dibawah ini
 pada gambar dibawah, terdapat data Rencana Perjalanan Tour beberapa karyawan di perusahaan X. dengan rincian kolom nomor urut, tiket, jam berangkat, nama epeserta, negara tujuan, pesawat, dan biaya-biaya yang dibutuhkan. kolom Negara Tujuan masih kita kosongkan karena kita akan mempraktekkan fungsi Vlookup.


Letakkan kursor pada sel F39. Kita ketik rumus vlookup seperti =VLOOKUP(lookup value;table array;row index num;range lookup) atau =VLOOKUP(E39;A54:D58;2;0) lalu klik enter.


Setelah dienter maka muncul negara sesuai dengan sel nomor E39, yaitu Amerika


Kemudian dilanjutkan untuk sel berikutnya sehingga akan muncul data seperti dibawah.



Chart

Chart digunakan untuk membuat penampilan suatu data agar lebih menarik. Contohnya seperti dibawah ini. Misalkan kita akan mengelompokkan setiap perjalanan dengan menggunakan pesawat jenis apa dari data dibawah , maka kita blok range yang akan kita buat chart


Setelah kita blok, pada menu bar, kita pilih Insert, Lalu tambahkan Chart. disini kita bisa menyesuaikan dengan chart yg kita inginkan.


Last view nya akan seperti ini.


Frezee and Panes

Freeze Panes adalah satu fitur pada microsoft excel yang berfungsi untuk mengunci suatu baris atau kolom agar saat discroll ke bawah, range yang di freeze panes tidak ikut menghilang alias masih ada. seperti gambar dibawah ini . 

Caranya, pada Menu Bar kita pilih menu View. Lalu pilih tanda panah kebawah pada submenu Freeze Panes, kemudian kita pilih Freeze Top Row untuk baris pertama yang tidak ingin kita hilangkan jika kita scroll-down.




Sorting and Filtering

Yaitu fitur yang memungkinkan untuk mngelompokkan data per bagian . bisa kita akses pada Menu Bar Home, lalu menu Sort and Filter terdapat pada bagian kanan atas. langkah-langkah yang diperlukan :
1. Pilih baris dan kolom atau range yang akan kita filter/kelompokkan
2. Pada tab Home, pilih Sort and Filter
3. Kemudian kelompokkan data menurut yg kita inginkan

Yuuuppppp, begitulah beberapa macam fungsi dari microsoft excell yang sudah penulis jabarkan. sampai jumpa pada tulisan selanjutnya, Wish U Luck guys πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh laporan PKL SMK jurusan akuntansi

Microsoft Office terdiri dari apa saja sih?

Pivot Table itu apa sih?